Thursday, August 6, 2015

Dieng Plateu - Wonosobo

Perjalanan kali ini tanpa rencana dan persiapan apa2, awalnya gue cuma pulkam untuk mengurus surat2 numpang nikah gue ama laki gue. Ciyeeeehh gue ambil cuti kantor sampe 2 hari kerja ditambah jumat tgl merah dan sabtu-minggu, jadi nya ada 5 hari liburan. Cihuyy... Ternyata ngurus surat nikah gue dikampung cuma butuh waktu 2jam ajah langsung beres. hahaha you know lah I live in Indonesia when money can make your difficult thing to be easy. :p gara2 gabut dirumah gue bingung mau ngapain, akhirnya gue dan laki gue memutuskan untuk jalan2, tapi kemana? akhirnya inget Dieng di Wonosobo yang jaraknya gak terlalu jauh dari kampung gue di Brebes.

Jumat, 03 April 2015.
Kita berangkat dari Brebes pukul 06:00 pagi menuju Slawi naek angkot tarifnya Rp. 6.000/orang, mahal yah? iyah.. :p turun di alun2 Slawi, gue harus jalan kaki lagi menuju terminal bis Slawi, tapi kebetulan ada mas2 yang searah ama kita ke Purwokerto, jadi nya bareng deh, untuk nunggu bus purwokerto di lampu merah ajah, gak usah ke Terminal. Gak lama nunggu dapet lah bus Purwokerto dan kita pun naek, gile sempit banget di dalem penuh, disini gue agak kesel ama keneknya yang ngasih tarif seenak jidat, iyah Rp.40.000/orang. Katanya liburan jadi mahal. WTF!! Grrrrrrgghh! biasanya cuma Rp. 20.000 ajah, perjalanan kurang lebih memakan waktu 5jam.



Pukul 12:00 WIB
Akhirnya kita sampe juga di terminal Purwokerto, disinilah semuanya di mulai. :p tips kalo disini kan banyak preman dan calo nya tuh, kalo mereka nawarin tiket bus jangan mau. Bayar nya nanti aja pas udah naek bus. Karena kejadian ama penumpang yang kebetulan mau ke wonosobo juga, jadi dia tuh udah beli tiket busnya ama calo gitu, setelah masuk bus sama gue juga, bus jalan dan seperti biasa kenek mintain ongkos, gue yang belom punya tiket jadi nya bayar pake uang sebesar Rp.30.000/orang. si penumpang tadi tiketnya juga seharga 30.000 sama kan. Tapi si kenek ini gak mau terima tiketnya, kata dia itu tiket ilegal. penumpang tsb dsruh bayar lagi 200.000 utk byar 8orang rombongannya, berarti sama aja byar 25.000 lagi per orang. gila yah, karena gue geregetan, akhirnya gue ikut debat ama tuh kenek. sampe tuh penumpang dsuruh turun d tengah jalan, dan mereka mau turun asal kembaliin uangnya. singkat cerita, kenek kalah dan bersedia damai dengan penumpang membayar lagi Rp.100.000 utk 8 orang. tetep aja sayang gue. :( yaudah jadilah laki gue yang dasarnya supel bgt jadi akrab ama anak2 tadi, sampe diajakin bareng aja nanti ke Dieng nya, mereka mau nanjak ke Gunung Prau. Awalnya rencana kita mau ke Sikunir, telaga warna, candi arjuna. Karena kita gak punya persiapan apa2 juga, akhirnya gue mau ikut mereka ke Prau, nebeng tenda dan perlengkapan lainnya. Sekalian tambah temen. :p

Perjalanan Purwokerto-Wonosobo memakan waktu sekitar 3 jam dengan ditemani pemandangan yang memukau dan udara yang sejuk. Dari Wonosobo ke dieng naek bus lagi dengan tarif Rp.15.000/orang menempuh perjalanan selama 30-45menit. Perjalanan kesana berliku-liku naik turun, tapi bener2 indah dan sejuk banget. Pada saat gue kesana cuacanya gerimis. Kebayang kan tambah dingin.







Kita singgah disalah satu rumah warga yang kebetulan kenal sama salah satu dari rombongan kita. Istirahat, mandi, yang berani mandi cuma laki gue doang. He is so cool. hahaha lanjut masak lontong, nuget, buat dimakan sebelum nanjak, jujur ini pertama kali gue naek gunung, berteman dengan anak2 gunung yang kebersamaan nya terasa banget, makan seadanya nikmat banget. rencana nanjak jam 22:00 malem, sambil nunggu waktu kita tidur dulu. Jujur gue ga bisa tidur karena kedinginan. :p akhirnya nanjak dimajuin jadi jam 21:00 malem, karena katanya macet. Hah ? Nanjak aja bisa macet loh karena saking banyaknya pendaki. :p Karena gue dan si sayang gak punya persiapan apa2, jadinya beli dadakan semua, kaya kupluk, jas ujan plastik, sepatu aja tadi nya mau beli, tapi ada yang bawa lebih dan bersedia minjemin ke gue. Yang kasian laki gue cuma pake sendal. hiksss!! Im so worried about him, but he is more worried about me. :( sweet! Eaeaea


Pukul 21:00 malam pun tiba, kita berdoa bersiap untuk nanjak, laporan dulu sama pengurus gunung prau disana. Jalanan awalnya biasa2 aja, udah pake batu, karena gelap jadi ga keliatan pemandangannya. Yang gue suka dari anak2 gunung itu mereka bener2 ramah, kebersamaan yang kental, saling menyemangati satu sama lain walaupun gak kenal. :p 

Pendakian kita tempuh selama kurang lebih 5 jam. Sampai puncak, pukul 02:00 dini hari, mulai cari lapak buat bikin tenda. Gue kaget ternyata diatas kaya komplek, udah rame banget tenda2 yang berdiri, cowo2 bikin tenda, yang cewe nya masak mie instan. Gak terasa waktu menunjukan pukul 03:40 dini hari, kita memutuskan untuk tidur. Gue gak kuat banget karena dinginnya sampe ke tulang rusuk. kebelet pipis harus keluar nyari tempat yang sepi.. :( susah banget kayanya hidup digunung. Udah kaya kucing pipis dan pup sembarangan. :p

Terlelap bareng2 tiba2 gue terbangun karena banyak suara kaya monyet saut-sautan berisik banget, gue pun kaget kebangun sambil ketakutan dan tanya "apaan tuh?" temen2 gue malah ketawa "gpp ka, itu suara orang ko, ngasih tau sunrise nya udah muncul" Gue pun ketawa aja. Jadi cape2 naek gunung cuma mau liat sunrise doang, gerutu gue dalam hati.

Gue memutuskan untuk keluar, disusul ama yang laen dan WOW ternyata indah banget, pantesan pada saut-sautan. 


Liat kan, rame banget yah. Kaya komplek baru dibangun warna-warni.  


Ngeliatin orang lagi photo. haha









Setelah puas menikmati alam, kita pun kembali ke tenda. Istirahat gantian jadi penjaga tenda. Sementara yang lainnya menikmati alam lagi. Gue beres2sin sampah disana, karena gue emang gak suka banget ngeliat sampah. 


Setelah semua team selesai melihat alam, kita bersiap-siap turun setelah sarapan roti susu. Berkemas, bersih-bersih sampah, gue semangat banget mau turun, horeeee turun doang mah gampang, gak cape. Gue jalan paling depan, sampe laki gue ngomong "neng... gaya banget lu jalan duluan, tungguin jangan cepet" gue ketawa2 aja nyepelein dia. hahaha

Dan apa yang terjadi ? gue ketakutan, kaki gue gemeteran, ngeliat kebawah gue nangis sejadi-jadinya. Ternyata gue fobia ama ketinggian, gue baru sadar ternyata gue ada diatas. Ckckckkk pea ya gue ? Si sayang dengan sabar nuntun gue, pegangin gue, ngajarin gue untuk jangan ngeliat kebawah, padahal beban dia banyak, dia bawa sampah juga. tapi dia tetep sabar nuntun gue. Makin cinta deh. :p


Disela istirahat kita, si sayang sangat menikmati sekali pendakiannya. 


Udah gak terlalu tinggi, baru deh gue berani buat selfie, karena sayang banget klo gak poto, pemandangannya indah banget coy...



Horeeeee akhirnya penderitaan turun gunung gue berakhir, oia gue sempet naek ojek pas udah deket perkampungan buat turun, malu banget si, laki gue sebenernya gak mau, tapi karena gue maksa2 akhirnya naik juga dia tarik tiga. hahaha. 

Sampe bascamp, mandi, tidur bentar, makan, dan ngobrol2. Pukul 01:00 siang, kita pulang, pamitan sama yang punya rumah, kita patungan lagi Rp.20.000/orang karena kita disana dikasih makan lengkap dengan lauk pauk enak. Warga disana baik2, ramah tamah, dan ikhlas membantu. Makanan disana juga gak mahal2 koq. Ga perlu bawa uang banyak kalo ke Dieng. 

Kita naik bus ke Wonosobo, masih sama tarifnya Rp.15.000/orang. Kali ini gue ga dapet tempat duduk, karena penuh. Gue pun berdiri ngantuk2, cape banget, tidur sambil berdiri ternyata enak lho. haha bisa pules juga. :p

Sampe di Terminal Wonosobo gue kaget, gimana engga terminalnya bersih banget. Sepi tanpa pedagang asongan. Karena gue kecapean, akhirnya memutuskan untuk nginep dulu 1 malam karena ga sanggup kalo langsung pulang. Kita pun pamitan sama anak2 gunung yang ngajak kita tadi, gak sempet foto bareng karena hp pada lowbat semua. :(

Minggu, 05 April 2015.
Bangun pagi ke Terminal wonosobo beli tiket, cuma tersisa keberangkatan sore jam 6 bus Sinar Jaya. Yaudah deh gak apa2, akhirnya kita memutuskan untuk jalan-jalan ke kota nya dulu. Berikut penampakan terminal Wonosobo di pagi hari, kalian pasti akan terkagum-kagum akan kebersihannnya.







Oia, bedanya di terminal wonosobo sama terminal lainnya, adalah CALO. yup disini gak ada calo nya men,,, kalo kalian mau beli tiket langsung aja ke loket bus nya sesuai nama Bus yang mau kalian tumpangi, keren kan ? Sempet kepikiran gue pengen hijrah kesini aja. :p

Udah beres urusan tiket, kita pergi ke alun-alun kota Wonosobo, mau nyobain mie ongklok khas Wonosobo. penasaran rasanya kaya apa. Dari terminal naek angkot warna kuning tarifnya Rp.2.000/orang, murah kan, sambil jalan gue menikmati perjalanan, bersiihh banget. Gak cuma di terminalnya aja yang bersih, tapi di jalanan lainnya juga bersih dan asri. Akhirnya sampe juga di alun-alun, muter deh nyari mie ongklok gak ketemu2. tanya2 ama pedagang lainnya, katanya itu tukang mie dateng nya jam 11 siang. Keburu kenyang duluan makan jajanan laennya, akhirnya kita poto2 dulu disana. Sambil nunggu tukang mie ongklok dateng. Penampakan alun2 Wonosobo bersih, rapih dan tertib.








Ada keran air siap minum nya juga lho. Keren yah.


Setelah puas muterin alun2, akhirnya dateng juga tukang Mie Ongklok. Kita pun langsung pesen 2 mangkok.


Beginilah penampakannya, jadi isinya tuh Mie kuning, lontong, sayurannya ada kol, tahu, telor, dan sate ayam. bumbunya kaya dari kacang gitu. bisa pake sambel juga kalo mau. Lumayan kok rasanya, cuma agak kurang pedes. Satu Porsi nya Rp.15.000.


Selesai menyantap mie ongklok, kita pindah makan soto deket situ juga, emang kita itu hobi makan, gak ada kenyangnya. haha berikut penampakan sotonya, kurang enak rasa nya. hehe satu porsi Rp.10.000 ajah.


Trus di tukang soto tadi ada cemilannya, gue dan laki gue galau ini namanya apa, katanya sih tempe tepung, tapi menurut gue ini adalah tepung di tempein. haha harganya 1 Rp.2.000 lumayan rasa tepungnya gurih. haha


Oke selesai wisata kuliner, kita balik ke Terminal Wonosobo, gak lupa beli oleh2 khas Wonosobo, yaitu carica kaya manisan pepaya kecil gitu si. gak punya poto nya, coba gugling aja ya. :) 

Tarif bus Sinar jaya Wonosobo-Jakarta gue pilih yang Bisnis AC, Rp.90.000. cukup murah, tadinya mau naik yang eksekutif, tapi udah keabisan. :(

Di Terminal sambil nunggu waktu bus jalan, kita makan-makan lagi. haha emang dasar ya tukang makan. 

Yah itulah pengalaman jalan gue kali ini ke Dieng Plateu Wonosobo, kota yang bersih, sejuk, tertib, asri, penduduk yang ramah, senang membantu. Kuliner yang enak, pesen dari gue JANGAN PERNAH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, tunjukan rasa cinta kalian terhadap negeri ini dengan tidak mengotorinya. 

Selamat Jalan-jalan :)



No comments:

Post a Comment