Thursday, August 6, 2015

Daerah Istimewa Yogyakarta

Perjalanan kali ini sih karena iseng, bener2 iseng gara2 ada tanggal merah berturut-turut pada bulan Desember tahun lalu 2014. Pesen tiket kereta Bengawan ekonomi tarif nya masih Rp. 50.000,- itu juga pesennya ribed setengah idup. =)) berangkat dari Stasiun Senen pukul 11:30 am menuju Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, perjalanan kita tempuh sekitar 8jam. Kondisi dikereta ekonomi yah begitulah adanya, AC juga gak berasa dingin, karena berangkat siang, gue saranin sih kalo mw ke jogja naek kereta pake kereta malem aja, biar adem. awalnya kita rencanya emang mau jalan malem, tapi apa daya gak dapet kereta malem.

Ok dimulai dari kita turun di stasiun Lempuyangan sekitar pukul 20:30 malam, dari stasiun Lempuyangan kita bingung mau kemana ? Haha tiba2 keponakan gue bilang katanya ada sodara dia yang tinggal di jogja, akhirnya dia di jemput ama sodara nya itu, hikkss gue ditinggalin karena cowo gue bilang mau tidur dirumah temennya aja nanti. gue dan Temen gue 1 juga nanti nginep disitu aja. Nah setelah dia ngehubungin temennya itu yang mau jemput, tapi jam 10 malem bisanya, karena dia masih on the way dari pacitan. Yaudah sambil nungguin dia, kita bertiga muter2, kota jogja, dari lempuyangan naek becak menuju malioboro bayar nya Rp. 30.000/becak. kita patungan 10.000/orang. hahaha naek becak bertiga lho.. :D

Gak sampe 1 jam kita udah di Malioboro, menikmati jalanan waktu naek becak enak banget lho, karena jalannya yang rapih, lumayan bersih juga si mendingan daripada Jakarta yah. Hihihiii

Gue dan pacar gue (Sekarang udah jadi suami) photo di depan Jl. Malioboro yang terkenal itu, hihii karena ini pertama kali buat gue, sempet aneh juga si, haha banyak orang jualan kaya pasar gitu. lanjut kita jalan ke Alun-alun jogja, disitu rame banget, maklum kita kesana emang pas lagi malem minggu, banyak orang jualan souvenir yang pastinya harganya murah2 banget, berikut penampakan jalan menuju alun-alunnya, masih nampak bangunan khas penjajah jaman dulu kala. haha

Gue dan temen gue sempetin photo didepan telepon umum kaya di Inggris gitu, tapi dalemnya bukan telepon umum, cuma kaya pajangan kota aja kali ya, karena ada kaca nya. Beginilah tampang kucel kita belom sempet cuci muka, belom mandi yaiyalahh.. bawaan masih ribed. haha

Gue masuk alun2 cari cemilan, dan ternyata disana kya pasar malem gitu, ada wahana permainan anak segala, dalem hati ko begini yah, kaya di jakarta ini mah. gak ada khas desa nya. Setelah cari2 cemilan, gue memilih beli kacang rebus, karena yang lainnya sama kaya di jakarta, sosis bakar, burger, kebab, males gilaa.. Jalan muter2 cape juga kaki gue, akhirnya temen laki gue ngehubungin juga nanyain ada dmana, mau di jemput, disini kita masalah lagi karena laki gue ternyata gak enak mau bawa cewe dan temen gue nginep d rumah temennya juga, akhirnya gue berantem lah ama laki gue karena udah di PHP'in. haha pake drama segala lagi, gue hubungin keponakan gue aja minta alamat rumah sodaranya, gue mau nyusul, dapet lah gue alamatnya, dan langsung ngacir naek taksi ama temen gue, tanpa pamitan ama laki gue, asli bete banget. :( bayar taksi argo nya Rp.40.000. Dari Malioboro ke Sleman, lumayan murah lah yah.

Pas sampe sana ternyata bukan rumah, tapi kosan. hah? Tenang kosan nya bebas, jadi kita bisa nginep deh. yaudah jam 01:00 dini hari akhirnya gue terlelap.

Besok pagi nya, kita sarapan, orang jogja biasa nya sarapan soto dan nasi kuning, gue pilih nasi kuning aja, harga perporsinya cuma Rp.5.000 aja, murah dan kenyang banget, kalo di Jakarta mungkin udah Rp.15.000. Gak lama laki gue jemput bawa mobil sewaannya buat poto prewed. hihihi iyah sambil menyelam minum air, karena kebetulan temennya itu seorang photographer dan seorang pembuat film dokumenter tentang Indonesia, Wow keren yah. hihihi,,

Gue kasih BTS nya aja yah, karena gak berani majang photo dia disini, harus ijin dulu ama orang nya, hehe Lokasi photo nya gue lupa dimana, tapi tempatnya lumayan bagus buat photo, sepi juga..

Salah satu penampakan tempat photo kita, spotnya bagus koq, selesai photoshoot pertama, kita lanjut makan siang di deket situ juga makan ayam bakar, enak sih ayam nya tapi sambelnya kurang enak, gak pedess. haha harga nya lumayan murah, untuk satu porsi ayam bakar seharga Rp. 12.000

Lanjut ke spot kedua kita ke candi abang, yang udah jadi bukit pasca meletusnya gunung merapi, tidak dipungut biaya untuk hanya sekedar main disitu, tempatnya enak, sepi, adem, sejuk, dan benar2 menyatu dengan alam.

Selesai photo prewed, kita makan di restoran SS (Serba Sambel) udah tau lah ya karena di jakarta juga ada, hehe, gue pilih makan disini karena sambel nya pedess. haha setelah makan kita pun pulang ketempat masing2 dan tidur. halah..

Pagi nya kita memutuskan untuk jalan, tapi tetep masih galau mau kemana, gue kepengen ke Candi2, tapi temen gue kepengen ke Gunung Kidul, yaudah nurutin dia aja lah, akhirnya kita cao ke gunung kidul, namun selama perjalanan cuaca kurang mendukung, disetiap jalan menemui hujan, perjalanan dari jogja ke gunung kidul ditempuh sekitar 4 jam. lumayan jauh dengan jalanan yang berliku2, udara mulai dingin, dan deg2gan juga karena jalannya serem, berkelok-kelok, disaranin si yang udah ahli bawa mobil yah. hehe

Tempat pertama kita itu Pantai Kukup, katanya si bagus tempatnya, kita bayar masuk kesemua pantai nya Rp.50.000. Mahal yah ? :(

Sayang banget kita kesana lagi ujan tapi gak gede si, lumayan bikin suasana pantai jadi gelap dan tetap bagus lah. haha untung hpnya anti air, jadi tetep bisa poto walau burem2 gimana gituu..

Kita bisa naik keatas batu untuk menikmati angin laut nya, karena pas kesana lagi ujan, jadi rasa anginnya dingiiiin banget. Melihat laut dari atas, mendengarkan deburan ombak, seakan menambah suasana romantis pada saat itu. Indonesia indah banget lho.. Disana juga banyak yang jual makanan khas laut, tapi gue gak beli, karena harganya lumayan mahal. hihii

Itu photo temen gue di atas batu tadi, gak usah liat model nya yah, liat aja pemandangan lautnya yang lebih indah. lol :p

Ditempat ini gue jajan di pedagang asongan, gue beli pecel cuma seharga Rp.2.000/porsi. gue cuma jajan yang murah dan enak aja, klo mahal gue ga beli. haha

Selesai menikmati pantai, kita lanjutkan perjalanan ke pantai berikutnya, katanya si itu pantai baru dibuka namanya pantai Indrayanti, disana gue cuma turun sebentar karena ujan, dan pantainya kurang bagus, rame banget, gue kurang suka tempat rame. akhirnya kita memutuskan untuk pulang, di perjalanan pulang, jalanan ternyata macet parah, mungkin karena hujan juga, kita menempuhnya sekitar 6jam perjalanan, cape banget, karena lusanya udah harus masuk kerja, jadi malam itu juga kita harus pulang ke Jakarta, temen gue yang udah panik banget, minta pulang duluan karena waktu mepet, gue dan laki gue belum bisa pulang karena harus balikin mobil sewaan, akhirnya gue balikin mobil dan bayar sewa selama 2 hari 2 malem cuma Rp.250.000. murah banget asli. haha gue pikir bakalan kena mpe 1 juta. haha

Selesai balikin mobil gue balik ke rumah temen laki gue pake motor temennya yang di jadiin jaminan sewa mobil. :p ujan2nan dan kebelet pipis terus. :D sampai lah gue drumah temennya laki gue dan langsung pamitan untuk pulang jakarta malam itu juga, Gue naik taksi menuju terminal Giwangan, tarif taksi Rp. 70.000. emang jauh si jaraknya dari klaten ke giwangan. Sampe disana gue gak nemu bis yang langsung ke Jakarta, akhirnya kita ke Purwokerto dulu. Tarifnya Rp.20.000. perjalanan kita tempuh selama 4jam, sampe purwokerto jam 07:00 pagi, disini banyak bis yang langsung ke Jakarta dengan jadwal keberangkatan berbeda-beda. Karena pengen cepet sampe, gue naek yang jalan duluan, bis dedi jaya ekonomi tarifnya Rp. 70.000/orang. Alhamdulilah jalanan sampe ke Jakarta gak macet dan kita sampe tujuan dengan Selamat di terminal kampung rambutan, Jakarta. kita sampe sekitar pukul 18:00. bareng sama temen gue yang naek kereta dari semarang seharga Rp.400.000. :p.

Yah itulah pengalaman jalan gue kali ini ke jogjakarta, kota yang tertib dan indah. Kuliner yang enak, pesen dari gue JANGAN PERNAH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, tunjukan rasa cinta kalian terhadap negeri ini dengan tidak mengotorinya.